Gotong Royong Adalah Budaya Bangsa Indonesia

Sejak jaman nenek moyang kita dahulu, kerja sama dan gotong royong antar warga masyarakat sudah menjadi keharusan dan kewajiban.
Saat salah satu tetangga ada yang sedang membangun rumah, tetangga di desa biasanya membantu dengan menyumbangkan tenaga, bahan bangunan ataupun sembako.
Apabila ada yang menikahkan anaknya, tanpa di minta pasti para tetangga bersatu padu untuk memasak dan bersih-bersih rumah yang akan punya gawe.

Pertanyaannya, di masa yang orang bilang sudah modern ini, masih bisakah kita temui semangat dan contoh gotong royong yang nyata?

Hanya di Indonesia, kita menemukan aksi gotong royong secara modern yaitu melalui BPJS Kesehatan.

Bagaimana bisa ?
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa semua masyarakat Indonesia wajib mempunyai BPJS kesehatan. Selain manfaatnya yang memang di khususkan untuk elayani masyarakat yang  membutuhkan perawatan kesehatan, BPJS kesehatan adalah salah satu bentuk gotong royong modern.

Ingatkah anda berapa tarif BPJS per bulan ?
kelas 1 sebesar 80.000 per bulan, kelas 2 sebesar 51.000 rupiah per bulan  dan kelas 3 sebesar 25.500 rupiah per bulan.
Anda sudah pernah menggunakan BPJS ? Saya sudah sering, bahkan setiap bulan sekali menggunakan BPJS kesehatan. Untuk apa ?
Silahkan baca artikelnya di sini : https://indri4meubelindo.wordpress.com/2016/04/19/sharing-hypertiroid-penyebab-dan-gejala-nya/

Nah, balik lagi ke BPJS kesehatan dengan iuran per bulan per orang yang wajib kita bayarkan setiap bulannya sebelum tanggal 10. Tahukah anda bahwa apabila kita tidak menggunakan BPJS maka kita sudah membantu anggota BPJS yang lain dengan mempergunakan uang iuran yang kita bayarkan ?
Dan seperti itulah selanjutnya, apabila kita yang mempergunakan manfaat BPJS, maka anggota BPJS yang lain lah [yang tidak sakit] yang menanggung biaya-biaya kita.
Bukankah itu salah satu bentuk gotong royong yang indah? Yang bahkan kita tidak mengenal semua anggota BPJS tersebut [kecuali saudara dan tetangga kita] namun mereka dan kita bahu membahu bergotong royong membantu sesama dengan iuran tiap bulan yang kita bayarkan.

GOTONG-ROYONG-gnrm2.jpg

 

Indonesia memang unik, Indonesia memang inspiratif dan Indonesia memang indah.
Karena prinsip gotong royong nya yang tidak pudar tergerus modernisasi jaman.

Ayo, peduli dengan sesama dengan cara tidak terlambat membayar iuran BPJS kesehatan setiap bulannya.

#CintaIndonesia #OndulineIndonesia #Ondulinebercerita

 

Advertisements

2 thoughts on “Gotong Royong Adalah Budaya Bangsa Indonesia

  1. salam kenal Pak Dendy. betul yang pak Dendy bilang, sering sekali ada penyalahgunaan pada prakteknya. mungkin butuh waktu beberapa lama untuk menghilangkan karakter oknum seperti ini..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s