Hari Ini Untuk 10 Tahun Yang Akan Datang

The future depends on what we do in the present.

Percayalah bahwa bukan hanya karma saja yang sesuai untuk quote di atas, tetapi impian dan cita-cita juga.

Melihat dan belajar dari pengalaman orang lain, 25 tahun yang lalu, sebut saja Bapak P,  beliau adalah seorang manajer terkemuka. Saat itu beliau di antara kakak dan adiknya adalah yang paling terpandang alias kaya raya. Di saat keluarga yang lain bangga bisa mempunyai sepeda motor sendiri meskipun kredit, Bapak P bahkan mempunyai 2 mobil dan beberapa sepeda motor. Rumah megah mentereng dan kehidupan keluarga ala sosialita. Pernikahan putranya  berlangsung sangat meriah dan spektakuler yang berlangsung di sebuah hotel terkenal. Semua saudara jauh maupun dekat di undang dan di inapkan di sebuah hotel yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan rumah beliau. Semua keluarga dekat baik yang laki-laki maupun wanita mendapatkan gratis seragam kain batik dan kain kebaya.

shop6

Waktu berlalu dan tiba saatnya beliau pensiun. Saya mendengar kabar bahwa semua tanah-tanah dan rumah yang beliau miliki sudah berpindah tangan alias di jual.

Untuk apa ? Tidak ada seorang pun yang tahu. Hanya tinggal sebuah rumah mewah dan sebuah mobil yang tersisa. Tragisnya, saya mendengar bahwa untuk sekedar ganti ban mobil saja Bapak P harus berhutang. Saya mengelus dada. Saya tidak bercerita tentang karma tetapi faktanya adalah mungkin saja pengaturan keuangan di keluarga Bapak P tidak terorganisir dengan baik. Lebih besar pasak daripada tiang, pepatah bilang.

Berkaca dari pengalaman tersebut, saya pun kemudian banyak berpikir dan sampai kepada satu pengertian  bahwa, setenar-tenarnya kita, sejaya-jayanya kita ataupun sekaya-kayanya kita, ada saatnya kita tidak akan setenar atau sejaya atau sekaya saat itu. Itulah mengapa kita harus sangat bijak mengatur rencana keuangan terutama mengatur keuangan keluarga bagi yang sudah menikah.

35797365-vector-illustration-of-cartoon-wedding-couple-with-floral-bouquet

Saat kita sudah pensiun, sudah berumur sedangkan penghasilan tidak lagi sebanyak saat kita masih muda dulu, kita bisa apa ? Menangis menyesali pun tidak ada gunanya. Meminta anak cucu kita untuk merawat kita ? Tidak salah juga asalkan mereka ikhlas dan ada dana lebih atau cukup. Bagaimana kalau mereka juga sudah berkeluarga dan sudah berat dalam menafkahi keluarganya. Apakah kita tega untuk itu ?

Itulah mengapa, kita harus melakukan hal-hal yang perlu kita lakukan saat ini demi untuk mendapatkan impian dan tujuan kita di masa depan.

Seperti apa ?

  • Ingin 10 tahun yang akan datang tetap sehat ? Mulai sekarang jangan merokok, berusaha untuk tidak stress, jangan terlalu sering begadang. Ambil dan ikut asuransi kesehatan serta asuransi jiwa mulai sekarang.

healthy-lifestyle-word-cloud-collage-vector-illustration-53119312

 

  • Ingin 10 tahun yang akan datang mempunyai penghasilan yang cukup untuk dana pensiun ? Persiapkan dana pensiun sekarang juga. Jangan sampai membebani anak cucu kita dengan kebutuhan-kebutuhan kita di masa depan.

inves4_0

  • Ingin anak kita bersekolah dengan baik hingga jenjang pendidikan tertinggi yang ingin di capainya ? Persiapkan dana pendidikannya mulai sekarang.

thirides.gr

Begitu banyak hal yang mungkin ingin kita capai di masa yang akan datang, katakanlah 10 tahun yang akan datang yang usaha-usahanya bisa dan harus kita lakukan hari ini atau sekarang.

40865982-cartoon-illustration-of-a-young-happy-family

Hal-hal seperti dana pensiun dan dana pendidikan anak, haruslah kita siapkan selagi kita masih muda dan kuat bekerja. Bukan hanya menerima gaji atau mendapat untung usaha kemudian habis percuma, kita harus mengetahui juga tentang seluk beluk berinvestasi. Mengapa ? Karena menabung saja tidak akan cukup. Salah satu wadah yang cocok bagi investor pemula adalah investasi reksadana.

Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa sahamobligasipasar uangataupun efek/sekuriti lainnya. [sumber : Wikipedia Indonesia]

Berinvestasi di reksadana sebagai investor pemula sangatlah mudah dan terjangkau. Hanya dengan 100 atau 200 ribu rupiah saja kita sudah bisa mulai berinvestasi. Pun sekarang untuk membuka rekening reksadana kita bisa melakukannya melalui fasilitas online internet.

reksadana
ilustrasi reksadana

Dalam hal keuangan pribadi atau keluarga, sebaiknya terapkanlah prinsip SMARTER:

SPECIFIC : mempunyai tujuan yang jelas

MEASURABLE : dapat di ukur, jadi kita bisa mengetahui apakah tujuan kita sudah tercapai atau belum

ATTAINABLE : dapat di capai, jangan sampai membuat rencana yang berlebihan hingga terlalu sulit di capai dan jangan juga membuat rencana yang terlalu mudah/gampang

REALISTIC : realistis terkait dengan tujuan dan tidak mengada-ada

TIME BOUND : mempunyai batasan waktu

EVALUATE : implementasi dan evaluasi proses yang di kerjakan sejak dari awal

REVISE : strategi pencapaian tujuan keuangan bisa di revisi apabila tidak sesuai dengan rencana awal

Rencanakanlah dan atur tujuan hidup mulai sekarang, laksanakan rencana tersebut dengan usaha-usaha yang dapat kita lakukan hari ini untuk tujuan-tujuan besar di masa yang akan datang.

banner_blog

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s