Terlalu Menyukaimu Hingga Membuatku Anyang-anyangan

Kok bisa ? Iya, bisa….begini ceritanya :
Tahun 2000-2001, waktu itu saya masih bekerja di salah satu perusahaan mebel yang cukup besar di Pecangaan, Jepara, Jawa Tengah.
Setiap pagi, semua staff kantor mendapatkan segelas air minum, bisa air teh panas, kopi ataupun air putih. Sesuai selera dan permintaan masing-masing.


Tentu saja, karena saya sangat menyukai kopi hitam, saya selalu memesan kopi setiap pagi. Kemudian siang dan sore hari saya menyeduh kopi sendiri hingga beberapa kali.
Karena AC yang sangat dingin di ruangan kerja, membuat saya tidak merasa haus walaupun sebenarnya tubuh saya mulai dehidrasi tanpa saya sadari.
Kebodohan saya waktu itu, saya tidak pernah membawa bekal air putih dari rumah, malah membawa kopi dan gula ke kantor supaya kalau ingin ngopi langsung bisa seduh sendiri.
Suatu hari saya merasa sangat ingin buang air kecil, tidak bisa di tahan dan di tunda. Saat buang air kecil itulah rasanya saya seperti terkena sambaran petir Thor. Panas, sakit, ngilu, pokoknya tidak enak banget rasanya. Urine yang keluar hanya menetes, rasanya sangat tidak nyaman terutama di saluran kencing dan air kencing tidak bisa keluar semua dengan tuntas dan sempurna. Seperti masih ada yang tertinggal di dalam. Setelah saya perhatikan, warna urine saya pun keruh, tidak jernih seperti biasanya, baunya pun juga berbeda. Dapat bonus pula, kaki saya sangat pegal sekali setelah buang air kecil.

Baru saja selesai buang air kecil dan berjalan kembali ke ruangan kerja, saya merasa ingin buang air kecil lagi yang tak tertahankan.
Begitu seterusnya, beberapa kali dalam sehari saya selalu ingin buang air kecil tetapi selalu tidak tuntas dan harus menahan rasa sakit yang luar biasa.

Saat itu saya belum tahu kalau saya terkena anyang-anyangan.

Orang-orang tua bilang bahwa anyang-anyangan terjadi karena kita sering meminum minuman yang masih panas, yang ternyata adalah mitos.
Menurut saya pribadi, mengapa saya bisa terkena anyang-anyangan adalah karena saya kurang asupan air putih.
Sangat kurang karena seringkali saya hanya meminum kopi hitam seharian. Parahnya, kebiasaan ngopi tidak saya imbangi dengan minum air putih atau air mineral yang cukup.
Itulah yang menyebabkan bakteri tidak bisa terbilas keluar bersama urine saya.

Gejala anyang-anyangan yang masih saya ingat saat itu : rasa ingin selalu buang air kecil, nyeri dan perih saat buang air kecil, rasa tidak nyaman di perut bagian bawah, warna urine keruh, sakit buang air kecil, serasa tidak tuntas dan tidak bisa keluar semua, demam,  bibir kering, muka pucat, badan nyeri semua terutama kaki.

Barulah setelah saya tidak bisa bangun dari tempat tidur dan tidak bisa pergi bekerja, saya memeriksakan diri ke dokter.
Setelah mendapatkan pengobatan dari dokter,  saya memutuskan untuk mulai menyukai minum air putih.
Tidak terbiasa minum air putih membuat saya mual tiap kali berusaha meminum air putih dari gelas.
Tidak kurang ide, saya membeli 1 karton/kardus air minum gelas kemasan kemudian saya taruh semuanya di kulkas dan saya membiasakan minum air putih lewat sedotan. Demi kesehatan, kita harus berjuang teman…….
Setelah beberapa lama akhirnya saya bisa minum air putih walaupun langsung glegek dari botol.

Kalau melihat ke belakang [flashback] memang sedari kecil saya tidak terbiasa minum air putih. Selalu air teh sejak balita dan bahkan terbiasa minum kopi setelah menginjak remaja.

Anyang-anyangan adalah istilah yang di ambil dari Bahasa Jawa, merupakan satu kondisi di mana kita selalu ingin buang air kecil tetapi urine yang keluar hanya sedikit dan proses keluarnya urine yang menyakitkan.

Anyang-anyangan bisa menjadi gejala infeksi saluran kemih [ISK] apabila tidak di tangani dengan benar.

anyang-anyangan, sakit, nyeri

ilustrasi sakit anyang-anyangan

 

Penyebab umum:
Penyebab anyang-anyangan yang paling umum adalah karena bakteri E.coli yang hidup di dalam usus besar dan sekitar anus yang kemudian menginfeksi saluran kemih.
Wanita lebih sering terkena anyang-anyangan karena jarak antara uretra [saluran kencing] dengan anus yang lebih pendek apabila di bandingkan dengan pria.
Inilah yang membuat bakteri E.coli lebih mudah mencapai kandung kemih.
Selain bakteri E.coli, kurangnya asupan air putih yang cukup dan beberapa hal di bawah ini juga bisa menjadi penyebab anyang-anyangan.

anyang-anyangan, sakit buang air kecil, infeksi saluran kemih

 

Semua orang baik laki-laki maupun perempuan dapat mengidap anyang-anyangan namun ada yang lebih berisiko yaitu :

  1. Wanita lebih berisiko mengidap anyang-anyangan karena saluran kencingnya lebih pendek, sehingga bakteri lebih mudah mencapai kandung kemih.
  2. Wanita yang aktif secara seksual.
  3. Wanita yang menggunakan alat kontrasepsi terutama kontrasepsi diafragma dan spermisida.
  4. Memiliki kelainan saluran kemih bawaan sejak lahir.
  5. Setelah masa menopause, risiko wanita terkena anyang-anyangan semakin meningkat karena berkurangnya hormon estrogen yang berdampak pada menurunnya imunitas tubuh sehingga lebih rentan terhadap serangan infeksi.
  6. Menurunnya kekebalan tubuh akibat penyakit tertentu seperti diabetes sehingga menyebabkan tubuh tidak bisa melawan bakteri.
  7. Mengalami penumpukan urine pada kandung kemih akibat sumbatan pada saluran kencing seperti pembesaran prostat yang menekan saluran kencing atau batu ginjal.
  8. Orang yang menggunakan kateter untuk buang air kecil.

 

Pasti tidak mau kan menderita anyang-anyangan seperti saya dulu? Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah anyang-anyangan :

  • Jangan menahan kencing
  • Minum cukup air putih atau air mineral untuk mengeluarkan bakteri dan memperlancar pembuangan urine.
  • Hindari minuman yang berisiko menimbulkan iritasi pada kandung kemih seperti minuman berkafein [kopi], alkohol [minuman keras]dan minuman ringan yang mengandung jeruk.
  • Sebaiknya hindari penggunaan produk area untuk kewanitaan seperti semprotan atau deodoran atau bedak yang bisa meningkatkan risiko iritasi.
  • Setelah berkemih, bersihkan area kewanitaan dengan tisu dari arah depan ke belakang [jangan terbalik] hingga kering.
  • Sebisa mungkin hindari toilet duduk umum. Apabila tidak bisa, gunakan tisu basah atau cairan hand sanitizer untuk mengelap dudukan kloset hingga bersih sebelum anda menggunakannya.
  • Minum Privé Uri-cran

 

combiphar, prive uri-cran, kapsul, cranberry
kapsul Prive Uri-Cran

Apa itu Privé Uri-Cran ?
Privé Uri-Cran merupakan satu produk dari Combiphar berupa kapsul yang terbuat dari ekstrak buah cranberry yang dapat mengatasi anyang-anyangan yang merupakan gejala awal dari Infeksi Saluran Kemih dan dapat mencegah anyang-anyangan berulang.
Privé Uri-Can bermanfaat untuk mencegah dan sekaligus juga mengatasi anyang-anyangan.

Mengapa Privé Uri-Cran bisa mencegah dan mengatasi anyang-anyangan ?
Karena Privé Uri-Cran terbuat dari ekstrak buah cranberry yang mengandung banyak manfaat dan khasiat.
Buah cranberry mengandung PAC’s [pro-anthocyanidins] dengan struktur spesial [tipe A] yang menyebabkan beberapa bakteri tertentu seperti bakteri E.coli sulit menempel di saluran kemih kita.
Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah cranberry sangat bagus untuk kesehatan terutama untuk memerangi radang, memerangi infeksi bakteri seperti bakteri E.coli di dalam sistem urine yang sering menjadi penyebab anyang-anyangan dan infeksi saluran kencing.

Konsumsi cranberry memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain:
1. Memerangi bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih
2. Mengatasi masalah ginjal
3. Tinggi kandungan vitamin C
4. Menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh kita
5. Mencegah kanker
6. Mencegah timbulnya masalah gigi
7. Memperbaiki kesehatan mental
8. Memperbaiki kondisi kulit
9. Mengandung anti oksidan yang tinggi
10. Bagus untuk sistem pernafasan

cranberry, prive uri-cran
cranberry

Privé Uri-Cran dalam bentuk kapsul mengandung ekstrak cranberry 250 mg dan PAC [pro-anthocyanidin] 18 mg.
Konsumsi Privé Uri-Cran 1 – 2 kapsul per hari, sangat praktis untuk mendapatkan asupan buah cranberry yang mengandung PAC yang cukup untuk mencegah dan sekaligus mengatasi anyang-anyangan.

Hidup sehat, bebas anyang-anyangan, sedia selalu  Privé Uri-Cran.

Good bye, selamat tinggal, sayonara anyang-anyangan………..

Sumber :
http://www.alodokter.com
FB pages PRIVÉ URI-CRAN
http://www.nutrition-and-you.com/cranberries.html
http://dailyhealthpost.com/the-health-benefits-of-the-humble-cranberry/

http://www.symptomfind.com/nutrition-supplements/health-benefits-of-cranberries/

#Artikel ini di ikutkan dalam lomba blog PRIVÉ URI-CRAN blog competition#

news-image-resize-1-663x321

Memenangkan hampers dari Prive Uri-Cran

Leave a Reply

