Ayo Wisata Ke Banjarnegara

Pernah membaca Bapak Presiden Jokowi berkata bahwa pemerintah daerah harus menonjolkan keunikan dan daya jual daerahnya masing-masing. Seperti misalnya di Yogya dengan para seniman lukis dan batiknya. Solo dengan tarian tradisionalnya.

Demikian pula dengan Kabupaten Banjarnegara, satu kabupaten di area sejuk dengan waktu tempuh kurang lebih 6 jam menggunakan mobil dari Semarang.

Banjarnegara berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo di sebelah timur, Kabupaten Kebumen di sebelah selatan, Kabupaten Banyumas di sebelah barat dan Kabupaten Pekalongan serta Kabupaten Batang si sebelah utara.

rumah-yube.blogspot.co.id
iseng membuat flyer

Adik ipar saya dan istrinya sudah beberapa tahun ini tinggal di Wonosobo. Kota yang sejuk dan dingin, lebih dingin daripada kota Semarang. Ya iyalah karena Wonosobo terletak di lereng gunung Dieng.

Tahun 2013 yang lalu, kami sekeluarga dari Semarang berkunjung ke rumah adik ipar kami sekalian mampir ke beberapa obyek wisata di sana.

Berenang dan main air di Hotel Surya Yudha Water Park, jalan-jalan ke Museum Uang dan mampir juga ke Baturraden di Purwokerto.

Hotel Surya Yudha berlokasi di Jl. Raya Rejasa, Banjarnegara, Jawa Tengah. Kami hanya ke waterpark nya saja untuk menyenangkan anak-anak bermain air.
Water park nya terdiri dari beberapa kolam renang dan kedalaman yang berbeda-beda yaitu : kolam renang prestasi, kolam arus, kolam ombak tsunami, kolam anak-anak, kolam lagoon dan kolam terapi ikan.

Butuh waktu maraton selama satu minggu untuk jalan-jalan ini. Untungnya pas ada libur kenaikan sekolah. Jadi aman dan tidak terburu-buru waktu untuk harus segera pulang ke Semarang.

Ternyata selain Dieng, Banjarnegara menyimpan banyak destinasi wisata yang ajibb seperti Arung Jeram Serayu, Curug Sikopel, Museum Kailasa, Taman Rekreasi Seruling Mas dan ada banyak lagi.

Belum sempat ke semua tempat itu, tetapi saya berharap, nanti kalau kami ada waktu pulang ke Semarang kami ingin sekali lagi pergi ke Banjarnegara lagi.

Beberapa foto di bawah ini saya ambil saat berada di Water Park Surya Yudha

 

rumah-yube.blogspot.co.id
dokumen pribadi, jadi ikan duyung kecil

 

rumah-yube.blogspot.co.id
dokumen pribadi, water park nya cocok buat anak-anak
rumah-yube.blogspot.co.id
dokumen pribadi, mikhael

Saat di Baturraden, sudah masuk Purwokerto ya. Tapi sekalian saja di upload foto-fotonya, di bawah ini :

rumah-yube.blogpsot.co.id
dokumen pribadi
rumah-yube.blogspot.co.id
Baturraden, dokumen pribadi
rumah-yube.blogspot.co.id
dokumen pribadi

 

rumah-yube.blogspot.co.id
dokumen pribadi

Saat di Baturraden sempat mencicipi dawet Ayu khas Banjarnegara, satu gelas 5.000 saja.

sumber : dinas pariwisata banjarnegara

Enak dan seger. Menurut cerita, bagi para perempuan yang sering minum dawet ayu ini akan senantiasa awet muda dan bertambah cantik. Hmmmmm….mau donggg

Selain dawet ayu, mendoannya juga enak, hangat enak di makan karena cuaca di sana sejuk sekali. Mendoan adalah salah satu cemilan atau gorengan yang berbahan dasar tempe, di iris tempe dan di celup tepung berbumbu kemudian di goreng setengah matang. Berbeda dengan mendoan khas Semarang yang cenderung tebal dan di goreng lebih kering.

 

rumah-yube.blogspot.co.id
dokumen pribadi

Suka sekali dengan kata-kata ini, untuk mengingatkan diri pribadi supaya tidak hedonis.

Artikel ini di ikutsertakan dalam Lomba Blog dengan tema “Ayo Wisata Ke Banjarnegara” atau “Mayuh Plesir Maring Banjarnegara”

rumah-yube.blogspot.co.id
flyer made in sendiri, sumber foto dari dinas pariwisata banjarnegara

header-pamflet

sumber :
http://www.banjarnegarakab.go.id/v3/index.php/wisata
http://jatengprov.go.id/id/profil/kabupaten-banjarnegara
http://www.budparbanjarnegara.com/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s