Blue Bird, Dulu dan Sekarang

rumah-yube.blogspot.co.id
14 tahun yang lalu, masih girlie..

14 tahun yang lalu, saya masih bekerja sebagai marketing eksport di salah satu perusahaan teak furniture.

Salah satu “agenda” tahunan perusahaan tersebut adalah mengikuti pameran furniture skala nasional yang di adakan di Jakarta setiap tahun sekali.

Saya adalah orang asli Semarang dan perusahaan tersebut juga berlokasi di Semarang. Muter-muternya saya saat itu paling banter ya seputaran Semarang saja.
Sama seperti pepatah : seperti katak dalam tempurung

rumah-yube.blogspot.co.id
katak dalam tempurung

Jadi mendengar bahwa saya di haruskan untuk ke Jakarta adalah sesuatu yang tidak pernah terbayangkan. Seperti memasuki jalur labirin yang belum pernah sekalipun saya masuki.
Apalagi banyak berita-berita tentang berbagai kejahatan di ibukota. Nyali perempuan mana yang tak ciut?

rumah-yube.blogspot.co.id
takuttt

Untunglah dari pihak perusahaan sudah mengatur tempat kami [saya dan teman] untuk tinggal dan menginap selama seminggu di Jakarta. Hotel bintang 2 cukuplah bagi kita berdua tinggal karena seharian pasti kita akan sibuk di stand pameran. Hotel paling hanya di gunakan untuk tidur dan mandi. Pun, menghemat pengeluaran perusahaan juga karena biaya hotel bintang 2 tidaklah terlalu mahal.

 

rumah-yube.blogspot.co.id

Yang agak susah menurut saya adalah transportasi dari dan ke lokasi pameran dari tempat kami menginap. Saya dan teman saya benar-benar tidak tahu arah jalan Jakarta. Nama-nama jalannya apalagi.

Beberapa kali si bos menyuruh supirnya mengantar kami tapi seringnya kami harus berangkat dan pulang sendiri dari lokasi pameran. Si bos kan juga punya kesibukan sendiri..
Sering, rasa takut selalu menyertai terutama saat kami harus pulang malam. Takut di rampok atau di culik gitu.
Kami selalu memesan taksi sebagai sarana transportasi selama di Jakarta. Memesan dan bukan sengaja mencegat taksi yang lewat, demi keamanan.

rumah-yube.blogspot.co.id
ilustrasi taksi

Saat itu, Blue Bird selalu menjadi pilihan nomer 1. Tinggal putar nomor, booking dan tunggu beberapa waktu sampai Blue Bird datang menjemput.
Maklumlah, tahun 2000 an handphone belum secanggih seperti sekarang. Belum ada smartphone apalagi aplikasi di playstore.
Jadi booking dan segala macamnya semua menggunakan sambungan telepon lewat handphone jadul.

Puji syukur, selama kami di Jakarta dan menggunakan Blue Bird selalu aman dan sampai tujuan dengan selamat. Karena saat memesan atau booking kami sudah mengetahui nomor lambung taksi. Tinggal mencocokkan saja dengan informasi dari operatornya.
ID card driver juga selalu terpampang jelas di dashboard mobil. AC mobilnya selalu dingin, tarikan mobilnya juga halus.
Dan semua supir-supir Blue Bird tidak pernah dengan sengaja muter-muter untuk mendapat tambahan uang argo.

Back to the present time, tahun 2016, beberapa hari kemarin saya membuka fanpage Blue Bird dan membaca bahwa Blue Bird sekarang sudah mempunyai aplikasi baru yang terintegrasi dengan smartphone.
Terobosan baru yang keren…2 thumbs up.

 

Walaupun sepertinya saya tidak bisa mencobanya sekarang karena di kota saya tinggal Palangkaraya belum ada layanan taksi Blue Bird.
Tetapi paling tidak saya bisa melihat bahwa selama rentang waktu handphone jadul sampai dengan smartphone canggih, keberadaan Blue Bird selalu eksis dan layanannya semakin bertambah baik.

Para pelanggan semakin di manjakan dan di permudah dengan berbagai fitur aplikasi yang di sediakan oleh Blue Bird.

Ada 6 fitur aplikasi baru yaitu :

1. Advance & Multiple Booking
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memesan taksi sesuai waktu yang diinginkan. Bisa memesan taksi hari ini untuk esok hari.
Selain itu, Anda juga bisa memesan lebih dari satu taksi di waktu yang bersamaan. Sehingga, tidak ada lagi alasan telat ke kantor gara-gara tidak ada transportasi atau terkena macet.
Dengan fitur ini, Anda tidak perlu khawatir akan terlambat meeting esok hari, kehilangan customer gara-gara telat memesan taksi dan lain sebagainya. Please, no excuse ya…

rumah-yube.blogspot.co.id
peace, no excuse anymore

2. See nearby taxi
Fitur ini dapat memantau beberapa taksi yang tersedia di beberapa titik yang paling dekat dengan Anda.
Tentu saja, fitur ini akan membuat Anda lebih mudah menentukan pilihan, taksi mana yang terdekat sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan waktu 5 menit sekalipun.
You have the right to choose..

rumah-yube.blogspot.co.id

3. Driver Rating
Pelayanan yang baik, termasuk kualitas sopir, menjadi prioritas utama Blue Bird.
Untuk membantu Blue Bird agar terus memberikan layanan yang baik, maka fitur “Driver Rating” hadir dalam mobile app #NewMyBlueBird.
Fitur ini akan memberikan kesempatan kepada pengguna untuk memberikan rating kepada pengemudi yang mengantarkan Anda.
Nantinya, rating Anda akan jadi masukan bagi Blue Bird agar perjalanan Anda ke depannya lebih nyaman dan aman lagi.

rumah-yube.blogspot.co.id


4. Share My Journey
Ini adalah fitur langka yang hanya ada di #NewMyBlueBird.
Fitur ini memungkinkan Anda untuk membagikan lokasi ke orang-orang terdekat.
Misal, suami sedang menunggu di rumah dan sudah memesan pizza, sementara anda masih di jalan, pulang kerja  menggunakan taksi sendirian di malam hari.
Suami tidak perlu khawatir karena anda bisa membagikan lokasi anda. Sementara menunggu anda, suami bisa menghangatkan pizza di microwave dan membuatkan secangkir kopi.
So, just share it..

5. Tracking system and call driver
Sudah memesan, tapi taksi tak kunjung sampai? Anda tidak perlu khawatir lagi dengan menunggu tanpa alasan yang jelas. Apalagi sampai keringat dingin dan mules-mules begitu.
Dengan fitur “Tracking System & Call Driver”, Anda dapat memonitor secara live keberadaan pengemudi yang akan menjemput Anda.
Atau jika kurang jelas, Anda bisa langsung menelepon pengemudinya. Jadi Anda bisa memutuskan apakah harus menunggu atau tidak.

rumah-yube.blogspot.co.id
stress menunggu

6. Fare estimation and e-receipt
Fitur “Fare Estimation & E-Receipt” akan membantu Anda untuk mencari tahu tarif yang akan Anda bayarkan sebelum berangkat. Tidak perlu khawatir lagi uang Anda tidak akan cukup atau malah si driver tidak punya uang kembalian yang pas.
Anda juga akan mendapatkan struknya langsung ke email Anda. Jadi tidak perlu khawatir lagi struk hilang atau ikut tercuci di mesin cuci.

Pengalaman saya, dulu saya harus memfoto tagihan yang tertera di argo. Tentu saja untuk menjadi bukti buat kantor.
Tidak enaknya adalah saat baterai low batt, tahu sendiri kan?

 

rumah-yube.blogspot.co.id
semangatttt

Semoga pelayanan Blue Bird bertambah baik dan semakin baik ke depannya.

Artikel ini di ikutsertakan dalam lomba bercerita #NewMyBlueBird

sumber :
1. Blue Bird fanspage
2. http://www.wowmenariknya.com/

Advertisements

2 thoughts on “Blue Bird, Dulu dan Sekarang

  1. Kemaren aku juga naik taksi waktu di Semarang, dan aku pesenya pakai aplikasi My Blue Bird juga, bergitu pesen, EH langsung datang, udah gitu ada estimasi bayarnya juga, jadi bisa nyiapin uang buat bayarnya, kan jadi nggak takut kurang, sip deh aplikasi My Blue Bird, memudahkan saya dan semua orang pastinya dalam memesan taksi

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s