Writing Competition – Investasiku Masa Depanku

Saya pernah membaca bahwa kita hidup dan di beri kehidupan ini bukan hanya untuk membayar berbagai tagihan. Tagihan kartu kredit, angsuran mobil, cicilan rumah, tagihan telepon, tagihan listrik, tagihan internet bla..bla..bla..
Walaupun pada kenyataannya memang sebagian besar dari kita hidup dengan pola ‘terjebak’ membayar tagihan. Setiap hari bekerja, meninggalkan anak di rumah, hanya untuk membayar tagihan. Kapan liburan dan bersenang-senang nya?



Beruntung, saya seorang yang gemar membaca walaupun tidak gemar menabung. Terus terang, tidak ada pendidikan dari orang tua saya yang berbicara tentang hari tua dan investasi. Padahal, kita semua akan menua pada masanya. Pertanyaan nya….apakah kita sudah siap? Seperti pergi piknik dan berlibur, masa depan dan masa pensiun pun membutuhkan biaya dan persiapan yang terperinci.
 
Tentu saja kita tidak bisa menyesali atau memutar kembali waktu pada saat kita sudah pensiun hanya karena ternyata kita salah menghitung uang belanja bulanan kita yang ternyata tidak cukup.  Mau merepoti anak? Jangan, biarkan anak-anak kita mengurus keluarga kecilnya dengan baik. Sebagai orang tua seharusnya kita bisa membantu mereka bukan malah merepotkan.
 
Orang tua saya dulu pernah bilang, sekolah, kuliah, kerja.. titik itu saja. Yang ternyata itu semua tidak cukup untuk mengartikan dan membiayai masa depan saya.
 
Dan demikianlah, saya sekolah kemudian kuliah dan kemudian bekerja. Tetapi ternyata hasil kerja saya tidak cukup bahkan untuk menghidupi diri saya sendiri. Apalagi untuk membeli kendaraan atau rumah. Sehingga saat itu saya tidak pernah bercita-cita yang ‘muluk’ untuk bisa menyisihkan uang untuk membeli kendaraan atau mengambil kpr rumah misalnya.
 
Saya akui sekarang bahwa pemikiran saya saat itu sangat salah dan keliru. Seandainya saja ada yang memberitahu dan mengarahkan saya cara untuk mengelola keuangan saya yang tidak seberapa itu, pasti kehidupan saya sekarang sudah lebih baik. 
 
Karena ternyata, berapapun besar gaji anda, berapapun….tetaplah harus anda sisihkan untuk tabungan dan investasi. Tidak perlu menunggu untuk mempunyai gaji yang cukup untuk memulai menabung dan investasi. Mengapa ?
 
Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, tentang kesehatan kita ataupun tentang keadaan keuangan kita. Yang bisa kita lakukan adalah mempersiapkannya. Persiapan untuk hal-hal buruk dan hal-hal baik yang mungkin terjadi.
Apakah anda menentukan arah hidup anda sepert air mengalir? Sebaiknya jangan karena air selalu mengalir ke aliran yang lebih rendah. Dan anda harus lebih dari itu. Anda harus menetapkan cita-cita dan tujuan hidup.
 
Setelah saya menikah, bertahun-tahun kemudian barulah saya tahu apa tujuan pernikahan kami dan apa saja cita-cita dan impian saya. Beberapa di antaranya adalah :
 
1.      Saya ingin anak-anak saya bersekolah dengan baik, setinggi apapun mereka ingin meneruskan sekolah dan di mana pun. Bahkan saya ingin mereka nantinya mengambil kuliah di luar negeri.
2.      Saya ingin kami punya beberapa kos-kosan atau barak dan beberapa ruko yang bisa di sewa kan baik per bulan ataupun per tahun sebagai passive income di hari tua.
 
3.      Saya ingin suatu saat nanti toko ban kami mempunyai cabang di semua propinsi di Indonesia.
4.      Saya ingin setiap tahun kami bisa mengambil liburan bersama-sama.
5.      Saya ingin 10 tahun lagi kami mempunyai uang 1 M
 
6.      10 atau 15 tahun lagi  kami ingin mempunyai kafe untuk berjualan kopi. Karena saya dan suami sangat hobi ngopi.
Apakah terdengar terlalu tinggi dan muluk? Bagi saya tidak apabila kita sudah mempunyai blue print atau rencana atas apa yang akan kita lakukan untuk bisa mencapai tujuan itu.
 
Anda pasti bertanya, memangnya saya sudah melakukan apa…? Baiklah beberapa hal ini sudah kami lakukan :
1.      Kami sudah berinvestasi reksadana sejak 2 tahun yang lalu. Per bulan kami sisihkan dana 1 juta rupiah secara teratur. Dana ini di investasikan pada skema reksadana saham.
2.      Untuk sekolah anak, kami membuka investasi khusus untuk pendidikan. Dana ini di investasikan dengan skema 4 tahun reksadana saham dan kemudian 3 tahun berikutnya masuk ke reksadana pendapatan tetap.
3.      LM [ logam mulia]
4.      Dana cadangan untuk pulang ke Jawa setahun sekali yang bisa juga di pakai untuk dana liburan.
Memang masih banyak yang harus kami lakukan, tetapi yang paling penting adalah  kami sudah tahu tujuan keuangan kami untuk 10 tahun ke depan.
 
Filsafat paling mendasar dari investasi adalah jangan menaruh semua telur dalam 1 keranjang.
 
Yang artinya, jangan menginvestasikan semua uang anda hanya pada 1 instrumen produk investasi saja. Diversifikasi kan pada beberapa instrument investasi seperti investasi reksadana [saham, pendapatan tetap, campuran dll], logam mulia, property, deposito, dll.
 
Sehingga apabila terjadi penurunan kinerja pada 1 instrumen investasi, kita masih bisa mengandalkan instrument investasi yang lain. Sesederhana itu.
 
Mungkin ada sebagian dari anda yang belum pernah mendengar tentang reksadana? Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi (UU No 8 Th 1995 Pasal 1 angka 27 tentang Pasar Modal) — saya kutip dari website Danareksa Investment Management.
Untuk membantu anda merencanakan tujuan keuangan secara bijak, Danareksa Investment Management mempunyai satu program investasi terbaik yang sangat menarik yaitu “Program Investasiku Masa Depanku”
 

Program Investasiku Masa Depanku membantu Anda mewujudkan kebutuhan-kebutuhan masa depan Anda. Dana Pensiun, Dana Pendidikan, Dana Ibadah, dll 

Dengan program investasi bulanan yang sangat terjangkau dan murah yaitu mulai 200.000 rupiah saja per bulan. Dan di bawah ini beberapa jenis reksadana yang bisa anda pilih :
 
danareksa investment management
sumber : danareksa investment management
Khusus untuk program Investasiku Masa Depanku, anda tidak bisa mencairkan reksa dana anda sebelum jangka waktu 2 tahun.
Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi link berikut ini : http://reksadana.danareksaonline.com/produk/program-investasiku-masa-depanku.aspx
Semua bisa anda lakukan secara online, mulai dari melakukan pendaftaran, pemilihan jenis reksadana dan pembelian unit reksadana. Tidak menghabiskan waktu anda dan semua bisa anda lakukan dengan ujung jari anda. Mudah bukan ?
Tetapkan saja tujuan anda lebih dulu, 5 tahun atau 10 tahun ke depan dan apa saja kebutuhan dan cita-cita anda. Kemudian anda bisa menghitung dengan mudah menggunakan simulasi investasi di sini : http://reksadana.danareksaonline.com/edukasi/mulai-investasi/investasi-masa-depan.aspx
 
Akan langsung anda dapatkan berapa jumlah rupiah yang anda harus sisihkan untuk mencapai tujuan itu. Dan silahkan langsung menghubungi PT. Danareksa Investment Management di sini sebagai salah satu pengelola Investasi Indonesia yang terbaik.
Jangan lupa, setiap instrument investasi pasti mempunyai resiko. Persiapkan diri anda dengan baik sehingga bisa meminimalisir resiko yang mungkin dapat timbul di kemudian hari.
sumber : danareksa investment management
 Ayo, mulai berinvestasi sekarang…..
 
Artikel ini saya ikutkan dalam blogger writing competition yang di selenggarakan oleh PT. Danareksa Investment Management.
 
Silahkan share apabila bermanfaat. Terima kasih..

 

Leave a Reply

