Writing Contest #BahagiadiRumah ::Keluarga adalah yang utama::

Novaversary 28 tahun


Halo Nova, selamat NOVAVERSARY..selamat ulang tahun yang ke-28. Anyway saya lebih tua 10 tahun dari mu [terus kenapa??] haha
Senang sekali Novamemberi kesempatan untuk berbagi cerita tentang #BahagiadiRumah
Saya seorang ibu rumah tangga dan sudah 2 tahun ini benar-benar menjadi ibu rumah tangga sejati, karena tidak bekerja di luar. Sebelum menikah sampai dengan setelah memiliki anak, saya masih enjoy menikmati pekerjaan di luar rumah. Kurang lebih 10 tahun saya bekerja di beberapa perusahaan berbeda walaupun di bidang yang sama yaitu sebagai Sales Export untuk teak furniture. Walaupun saat itu mengurus pekerjaan dan rumah tangga bukan hal yang mudah ya. Capek di badan dan perasaan [halah..]
Hingga saat anak saya kelas 3 SD, suami saya pindah usaha dari kota Semarang ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah.
Anak saya, setelah berpisah sementara dengan bapaknya [pulang 3 bulan sekali], saya amati perilaku dan attitude nya banyak berubah. Tambah bengal, susah di ajak omong, lebih senang bermain ke luar rumah. Di sekolah juga bermasalah karena saya juga seringkali di panggil gurunya ke sekolah. Yang sangat berubah dari anak saya adalah tatapan matanya. Seperti terluka,,, mungkin karena selama ini tidak pernah berpisah dari bapaknya [apalagi anak laki-laki] dan saya ibunya juga bekerja di luar, mungkin dia merasa terabaikan.
Walau bagaimana pun saya cinta dengan pekerjaan saya, tetap saya memilih keluarga terutama anak saya. Saya memutuskan untuk resign dari pekerjaan dan menjadi full time mommy.
Apakah saya menyesal? Tentu saja tidak. Saya menyerahkan seluruh tanggung jawab finansial ke suami sementara saya menjaga anak. Sebagai anak laki-laki dan sedang bertumbuh remaja, mudah sekali dia terkena godaan beberapa teman nya yang kurang baik terutama dalam hal pergaulan. Walaupun saya sudah berusaha semampu saya sebagai ibunya untuk membentengi dan mengingatkan dia, ternyata saya masih kalah juga dengan lingkungan kami yang kurang kondusif.
Akhir nya kami memutuskan untuk pindah ke Kalimantan mengikuti bapaknya. Anak saya tentu saja tidak mau pindah, tapi saya bilang harus. Bagaimanapun dia lahir dan tumbuh besar di Semarang dan dia harus meninggalkan semua teman-teman dan keluarga, pasti berat. Saya juga sebenarnya sedih, harus berpisah dengan keluarga besar di Semarang. Tetapi, sekali lagi demi masa depan anak, biarlah kami sementara berpisah dengan keluarga besar. Saat itu saya nekat karena belum pernah sekalipun menginjakkan kaki di Kalimantan. Hanya iman dan kemauan sehingga saya mantap membawa beberapa koper untuk pindah ke Kalimantan.
Puji Tuhan, sudah 2 tahun keluarga kecil kami tinggal di Kalimantan, pulau di seberang lautan. Saya melihat anak saya “utuh” lagi karena ada bapak dan ibunya di rumah. Dan dia sama sekali tidak pernah absen sekolah, hal yang dulu di Semarang sungguh lah berbeda. Dulu waktu di Semarang sepertinya dia malas-malasan ber-sekolah, sering membolos dengan alasan perut sakit, dan lain sebagainya. Padahal kami memasukkan dia ke SD swasta yang terbaik, mahal pula SPP nya per bulan.
Sekarang dia sangat berbeda, sekarang rajin sekali, anak saya sudah kelas 1 SMP, bahkan jam 6 pagi sudah berangkat, di antar saya, ibunya tentu saja. 
#BahagiadiRumah bagi saya, salah satunya adalah menyiapkan anak pergi ke sekolah. Menyiapkan sarapan atau bekal, mengantarkan ke sekolah [walaupun ada angkutan umum], kemudian menjemput saat pulang sekolah. Setelah anak pulang sekolah, melihat dia ganti baju dan makan siang, ahh nikmat nya. Sekarang anak saya juga lebih terbuka dalam hal berkomunikasi, intinya dia banyak bercerita tentang teman-temannya, gurunya, bahkan perasaan nya. Dia kembali mempercayai saya sebagai ibunya. 

anakku sudah besar
bahagia

#BahagiadiRumah itu kalau bareng-bareng ngopi dengan suami. Satu mug/gelas berdua, istilahnya berbagi kopi. Tidak perlu ngopi di tempat yang mahal [thank God belum ada tempat ngopi mahal di sini] maklum kota kecil. Apalagi kalau pagi hari, setelah ngantar anak kemudian mampir beli roti gambung [fresh from the oven] dan membuat kopi untuk di nikmati berdua. Nikmat sekali…
#BahagiadiRumah bagi saya juga punya banyak waktu luang untuk menyalurkan hobby, salah satunya nge-blog dan ikut kompetisi blog Novaversary seperti ini. Walaupun masih amatir, tetapi saya tetap memberanikan diri mengikuti kompetisi ini. Dengan harapan, semoga menang.

saya dan suami
Selain ngeblog, saya juga hobby memasak dan mencoba berbagai resep baru. Dulu memang selalu mengandalkan tabloid dan buku resep, tetapi sekarang lebih mengandalkan resep online seperti di tabloidnova karena lebih praktis dan hemat kertas, tentu saja hemat uang. Memang tidak selalu sukses dalam hal rasa, tetapi saya punya tester yang setia, suami saya haha…walau tidak enak pun masakan saya tetapi tetap di makan. Salut deh..
Sementara saya, suka memasak tetapi lebih suka jajan alias lebih suka masakan orang lain. Tetapi sekarang saya mengurangi jajan di luar, gara-gara terlalu banyak jajan gorengan dan jajan di kaki lima, mungkin karena terlalu banyak MSG, badan saya jadi kurang fit.
#BahagiadiRumah itu adalah setiap malam, nonton TV bersama, acara favorit terutama yang ada unsur komedi. Kemudian terpingkal-pingkal dan terbahak bersama,,ehh jadi tersenyum sendiri.
#BahagiadiRumah itu setiap saat saya bisa nonton drama korea favorit di TV. Ya walaupun bisa beli ataupun menyewa kaset nya, tapi tetep saya pilih yang sedang tayang di TV. Ada harap-harap cemas menunggu episode selanjutnya, beda kalau saya nyetel sendiri, pasti langsung setel sampai episode akhir. Saya orangnya tidak sabaran [jangan bilang sapa-sapa ya].
Sekarang setiap hari saya bisa memandang dengan puas kepada suami dan anak saya. Tentu saja saya benar-benar senang semua hal bisa menjadi lebih baik sekarang dan tentu saya lebih #BahagiadiRumah
Terima kasih NOVAVERSARY sudah di beri kesempatan untuk berbagi cerita.
Salam dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah.
jembatan dan sungai kahayan, palangkaraya, photo pribadi
     

saat masih di semarang @sekatul

Leave a Reply

