{Sharing} :: Ganti Kacamata menggunakan BPJS ::


:: Ganti Kacamata menggunakan BPJS ::
Teman2, saya baru tahu kalau BPJS bermanfaat sekali, bisa untuk berobat jalan dan tidak harus mondok, bisa untuk urusan gigi dan bisa juga untuk urusan mata.
Khusus di artikel ini saya akan berbagi pengalaman menggunakan BPJS untuk periksa mata.
Sebenarnya yang butuh kacamata adalah suami saya, saat  membaca tulisan itu harus jauh, kalau jarak dekat membaca kabur semua katanya. Saya pikir loh kok kebalikan dengan saya, kalau saya membaca dekat bisa tapi kalau melihat jauh atau membaca kabur banget. Saya sudah memakai kacamata sejak SMA, FYI 
Nah waktu mengantar anak saya ke sekolah, di salah satu optik ada tulisan nya “menerima BPJS ” setelah nganter saya mampir deh, tanya bagaimana caranya dan inilah tahapan yang harus kita lalui untuk periksa mata gratis menggunakan BPJS :
  • 1    Minta surat rujukan dari faskes yang tercatat di kartu BPJS kita, kalau saya ikut di Kimia Farma Rajawali.
  • 2.      Setelah dapat surat rujukan, kita di beritahu bahwa periksa matanya di RS, kami di rujuk di RSUD Doris. Surat rujukan berlaku 3 hari, walaupun yang tercetak di surat nya 1 bulan, maklum lah ya…
  • 3.      Kita ke Doris hari Sabtu siang, saya dan suami, heran saja kok rumah sakit sepi, ternyata tutup semua layanannya saudara2, setelah bertanya ke salah satu loket, di beritahu kalau ke sini lagi hari Senin. Oke jelas
  • 4.      Senin pagi kita ke Doris sampai di sana sekitar jam 9 pagi, tidak tahu harus bagaimana dengan surat rujukan ini, lalu saya kembali bertanya ke loket yang pernah saya datangi hari sabtu kemaren.  Ternyata harus pakai tiket antri, ya bagaimana tahu, tidak ada orang yang jaga di tiketnya. Saat kita mau ambil, sudah ada ibu2 yang duduk manis di situ kemudian di tanya, mau umum/lansia/bpjs….. ternyata loketnya juga laen2 [baru tahu ??? ]
  • 5.      Setelah ambil kertas tiket, kita duduk menunggu, hampir 2 jam,,,,,, dan tempat duduk semua penuh nuh nuh,,,, banyak sekali yang antre seperti kami. Karena mepet waktunya dengan anak saya yang harus berangkat sekolah, akhirnya saya pulang duluan. Saya ke Doris lagi sekitar kurleb 1 jam kemudian
  • 6.      Ternyata suami saya sudah clear dengan antrean dan kami langsung naik ke lantai 2 untuk bertemu dokter untuk periksa mata
  • 7.      Di tempat dokter mata, tidak antre alias lengang, langsung masuk dan di periksa, ternyata suami plus 1 dan minus saya nambah lagi _+_
  • 8.      Di beritahu oleh dokter, kalau memakai BPJS ada bantuan uang untuk membeli kacamata, kelas 1 RP.300.000 ;; kelas 2 RP 200.000 ;; kelas 3 RP. 150.000
  • 9.      Dan  kemudian kami turun ke lantai 1 untuk verifikasi, dan ternyata __________ jeng jeng_____ komputernya sedang bermasalah dan tidak ada jaringan katanya hahahahh dan harus kembali lagi besok
  • 10.  Hari selasa siang, saya lemudian ke Doris dan mengambil surat rujukan untuk ke optik. Surat rujukan hanya berlaku 1 minggu
  • 11.  Selasa malam, kami ke optik Trenjaya Cilik Riwut untuk melihat2 kacamata, terutama untuk suami dulu. Karena kali ikut BPJS kelas 3, masing2 dari kami mendapat santunan 150.000. Akhirnya suami sudah cocok dengan kacamata yang di pilihnya, harganya 300.000 jadi hanya tambah uang 150.000 lagi sudah bisa langsung di pakai. Saya di tawari juga sih, tapi saya pikir kemahalan, tambahnya 250.000 jadi saya masih pikir2 dulu
  • 12.  Esok harinya setelah mengantar sekolah, saya mampir ke optik Internasional, cocok dengan harga dan kacamata nya, hanya nambah uang 100.000 saja
Oiya, kita bisa ganti kacamata, atau periksa mata lagi  setelah 2 tahun, jadi harus di jaga baek-baek mata dan kacamata nya hehe
Sekian sharing saya, thanks for reading ya….
  
Leave a Reply

