{Berbagi Resep} roti goreng = donat

Beberapa kali nyobain buat donut tapi belum pernah se-sukses ini dari segi rasa dan tekstur nya…

pernah buat donut kentang…jadi sih tapi gak bisa mulus donut nya plus kering dan agak alot
trus kemarin nyobain buat lagi berdasar resep yg baru ini, tapi berhubung kelamaan istirahat (semalaman) rasanya jadi agak asem + liat. di tambah lagi pas di goreng apinya kegedean….huffftttt

karena masih bersemangat nih…plus di tambah lagi siapa tau bisa di jual…sorenya bikin lagi deh

belajar dari adonan yang semalem, dari rasanya kliatan nya ragi nya kebanyakan deh…aku pake mauripan sachet yang 12 gram…berhubung di resep ga di tulis brapa banyak ya aku kasih smua…ternyata rasa ragi nya brasa banget dan ga brasa roti..hehe
percobaan kedua nya ragi 1 sachet aku bagi 2 dan aroma ragi bener2 ga ada …nyampur sempurna dan empuk banget…

ini resepnya based on tabloid aura (booklet) :
500 gr terigu protein tinggi (aku pake cakra)
100 gr gula pasir
1 bungkus ragi instan (aku pake mauripan sachet @ 12 gr aku pake separo)
2 sdm susu bubuk
1 butir telor
75 gr margarin (aku pake menara)
250 cc air es

bahan isian :
bisa di isi atau di buat cincin aja
tadi aku pakai isian sosis dan meises coklat….mungkin kalo pake DCC lebih mak nyuss kali ya…

cara membuat :
terigu,gula pasir,ragi,susu bubuk,telur di campur sambil di tuangi air dikit2 sambil di uleni
kalo udah nyampur smua, masukkan margarin, uleni lagi hingga kalis
kalis di sini brarti adonan udah nggak lengket lagi di tangan, bentuk bulat, istirahatkan kurleb 1 jam
kalau sudah mengembang 2x lipat, kempeskan, bentuk bulat lagi, bisa sambil di beri isian, istirahatkan lagi 1jam
setelah 1 jam, donat siap di goreng dalam minyak yang banyak..
selamat mencoba …

PS : poto menyusul. masih nyelip

Leave a Reply

