{Berbagi Resep} : roti goreng = donat

Baru aja mau posting, baru ketak ketik sedikit ehhhh mati lampu, blom di simpen lagi…hedeh….

ya udah berhubung ini penting cie…di buat lagi posting nya tentang donut
tadi sampai mana sih…oiya pengalaman beberapa kali buat donut tapi blom berhasil
baru sore ini..bersejarah nih ini hari…percobaan donut berhasil dengan muluzzz…rasa enak plus tekstur lembut

sebenarnya sih bukan resep donut asli tapi variasi dari roti goreng
tapi kalo aku bandingkan dengan resep donut yang aku pernah bikin sih hampir sama, cuman di resep ini ngga pake baking powder en ga pake bread improver
oke deh langsung cap cuz aja ya resep nya,
aku ambil dari tabloid aura (booklet) :

bahan :
500 gr terigu protein tinggi (aku pakai cakra)
100 gr gula pasir
1 bungkus ragi instan (aku pake ragi mauripan sachet @ 12 gr aku pake separoh nya aja) …dari segi harga lebih murah dari fermipan hehe
2 sdm susu bubuk
1 butir telur
75 gr margarin (aku pakai menara)
250 cc air es

bahan isian : bisa di isi bisa juga di cetak

cincin
kalo aku pake isi sosis trus sebagian pake meises
mungkin kalo pake dcc rasanya lebih mantapss…pastinya…hehe

cara membuat :
campur terigu,gula pasir,ragi instant,susu bubuk, telur sambil di tuangi air dikit2
uleni sampai adonan tercampur rata
masukkan margarin, uleni lagi sampai kalis = adonan tidak nempel di wadah
jadi adonan bisa di angkat dari wadah dan ga ada yg nempel
setelah kalis, diamkan adonan selam kurleb 30 menit, tutup pakai kain supaya tidak kering
nah….setelah 30 menit, adonan akan mengembang jadi 2 sampai 3x lipat adonan pertama…jadi jangan kaget ya
kempiskan dengan cara di tinju (lumayan melatih otot biseph)
abis itu bagi adonan kurleb @ 25 gram atau sesuai selera, bulatkan atau cetak dan isi lalu goreng deh….
gampang kan…

poto2 nya menyusul ya…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s